SMKN 1 Malingping

JALAN BEYEH-SIMPANG KM.2, Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak Prov. Banten

SMK BISA !

"Pendampingan SMK Pusat Keunggulan"

Jum'at, 10 September 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 342 Kali

Tim pendampingan SMK PK dari perguruan tinggi STMIK Insan Pembangunan
Winanti S.Kom, MM. M.Kom
Istajib Kulla Himmy'azz SST, MM
Dwi Ferdiyatmoko C.K. S.Pd. MM

diterima oleh Jahar Hermawan, S.Pd., M.MPd selaku Kepala Sekolah dan Endah Purnawati, S.Pd selaku Wakasek kurikulum SMKN 1 Malingping pada hari Kamis tanggal 9 September 2021.

SMK Negeri 1 Malingping yang terpilih sebagai Pusat Keunggulan (PK) yaitu SMK CoE yang akan dapat bantuan nonfisik mendapat pendampingan dari perguruan tinggi (kampus) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Insan Pembangunan (STMIK Ipem) Tangerang, masih satu daerah Provinsi Banten. Perguruan tinggi ini dikenal unggul di bidang teknologi informasi dan komputerisasi akuntansi. Hal ini dilakukan agar program yang dikembangkan di sekolah berkembang secara optimal. Menyoal non fisik yaitu proses pembelajaran, hal itu tidak lepas dari program ‘link and match’ yang berisi paket 8+i.
Program keahlian unggulan SMKN 1 Malingping yaitu Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis juga program keahlian Pemasaran. Selain itu ada program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga, teknik elektronika, teknik otomotif, teknik mesin, teknik kimia industri, dan perhotelan.


Lewat pendampingan ini, kampus bisa memberi masukan dan rekomendasi terkait peningkatan mutu sekolah, pembelian peralatan juga harus mendapat rekomendasi dari pendamping.
Rekomendasi itu disebutkan, antara lain pengembangan Program Senayan Library Management System (SLiMS) yaitu perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan sumber terbuka, pengarsipan digital dan lain sebagainya.
Pendamping yang baik dan ideal bagi SMK PK, program studi (prodi) tak harus sebidang, tapi memiliki keterkaitan. Pendamping dari perguruan tinggi bisa memperkuat SDM. Pendamping juga dibekali dengan kurikulum baru, perencanaan administrasi secara digital, serta kebijakan baru Merdeka Belajar. Karena itu, dalam tim pendamping terdiri dari ahli komunikasi, marketing dan paedagogik. Mereka nantinya menjadi tim mentoring untuk SMK PK. Diharapkan juga pendamping dapat menjalin MOU program SMK D2 Fast Track. Lulusan SMK, nantinya bisa langsung mendaftar kuliah tanpa perlu ikut tes di perguruan tinggi mitra tersebut.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT